Pembukaan Pelatihan Bagi Pejabat Fungsional Analis Kebijakan

Selasa, 1 November 2022 bertempat di Ruang Musyawarah Lantai I dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Rumpun Manajemen Bagi Analis Kebijakan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau, Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Asisten Administrasi Umum, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Organisasi dan Narasumber dari Lembaga Administrasi Negara Jakarta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sanggau Selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dalam Laporannya menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah  untuk memberikan pemahaman dan mampu melakukan tugas dan tanggung jawab, serta wewenang untuk melaksanakan kajian dan Analisis Kebijakan di Instansi Daerah dan keseragaman sistem penyusunan  Daftar Usulan Kenaikan Pangkat (Dupak) bagi PNS Fungsional Analis Kebijakan di Instansi Pemerintah Daerah

     

Kepala BKPSDM juga dalam laporan juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar peserta pelatihan memahami sistem kerja dan pola karir Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dimana terdapat butir-butir kegiatan beserta penilaiannya sehingga dalam pengumpulan angka kredit yang wajib dilaksanakan 1 tahun sekali

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot membuka secara resmi kegiatan ini, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa dengan berlakunya kebijakan nasional tentang penyetaraan jabatan maka terjadi tranformasi jabatan dari jabatan administrasi ke jabatan fungsional dalam rangka menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam rangka mendukung peningkatan kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

   

Kegiatan ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan dari perangkat daerah dilingkungan pemerintah kabupaten sanggau.

Materi dari kegiatan ini adalah PERMENPAN RB No 45. Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dan Angka Kreditnya, Pengembangan Karir, Serta Manajemen Kinerja PNS. Pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 1 s/d 5 November 2022 bertempat di Gedung Diklat Sanggau Permai.