Pelatihan Dasar CPNS Metode Blended Learning

BKPSDM Kabupaten Sanggau melaksanakan Pelatihan Dasar CPNS secara blended learningBlended learning merupakan metode pelatihan yang memadukan antara pertemuan secara langsung melalui tatap muka virtual (synchronous) dan aktivitas pembelajaran mandiri (asynchronous) melalui bahan diklat seperti modul video dan bahan ajar yang dapat secara langsung diakses oleh para peserta. Sarana pada pelatihan ini menggunakan platform LMS.

Penerapan blended learning adalah pembelajaran campuran yang menggabungkan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring (online). Proses belajar ini dilakukan dengan cara inovatif digunakan untuk meningkatkan keberhasilan peserta didik dalam pelatihan.

 

Blended learning dilakukan secara jarak jauh. Dalam blended learning terdapat dua cara pembelajaran, yakni synchronous dan asynchronous.

 

Synchronous adalah pembelajaran yang berpedoman pada jadwal atau kerangka waktu pelajaran. Peserta CPNS dapat mengakses materi maupun tugas dalam kurun waktu tertentu pada aplikasi LMS.  Sedangkan asynchronous memiliki waktu yang lebih fleksibel.

Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Sanggau sudah memasuki tahap IV dimana setiap tahap dibagi menjadi 4 Kelompok. masing-masing kelompok terdiri dari 8-10 peserta CPNS dengan tiap kelompok 1 coach.

Jadwal Pelatihan Dasar CPSN menggunakan Metode Blended Learning telah disusun jadwal oleh panitia sehingga peserta dapat memahami waktu pembelajaran synchronous dan asynchronous.

Adapun materi pembelajaran pada latsar CPNS terdiri dari :

  1. Agenda 1 (Sikap dan Perilaku Bela Negara
  2. Agenda 2 (Nilai-Nilai Dasar PNS)
  3. Agenda 3 (Kedudukan dan Peran PNS untuk mendukung Terwujudnya Smart Governance
  4. Agenda 4 Habituasi
  5. Pembimbingan RA