(Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 404 Tahun 2017)
Tugas PPID Pemerintah Kabupaten Sanggau :
Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;
Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;
Melakukan verifikasi bahan infomasi publik;
Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;
Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan
Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.
Fungsi PPID Kabupaten Sanggau :
Penghimpunan informasi publik dari seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau;
Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh SKPD di Pemerintah Kabupaten Sanggau;
Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dari informasi yang terbuka untuk publik ; dan
Penyelesaian Sengketa Informasi
Wewenang PPID Kabupaten Sanggau :
Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;
Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID pembantu (Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau) dan/atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan kerjanya;
Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan
Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.