Kenaikan Pangkat PNS Periode 01 April 2018

Pangkat adalah kedudukan yang menunjukkan tingkatan seseorang Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian. Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap Negara, serta sebagai dorongan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk lebih meningkatkan prestasi kerja dan pengabdiannya.

Agar kenaikan pangkat dapat dirasakan sebagai penghargaan, maka kenaikan pangkat harus diberikan tepat pada waktunya dan tepat kepada orangnya. Susunan Pangkat dan Golongan Ruang Pegawai Negeri Sipil Susunan pangkat serta golongan ruang Pegawai Negeri Sipil sebagai berikut:

  1. JUru Muda (I/a)
  2. Juru Muda Tingkat I (I/b)
  3. Juru (I/c)
  4. Juru Tingkat I (I/d)
  5. Pengatur Muda (II/a)
  6. Pengatur Muda Tingkat I(II/b)
  7. Pengatur (II/c)
  8. Pengatur Tingkat I (II/d)
  9. Penata Muda (III/a)
  10. Penata Muda Tingkat I (III/b)
  11. Penata (III/c)
  12. Penata Tingkat I (III/d)
  13. Pembina (IV/a)
  14. Pembina Tingkat I (IV/b)
  15. Pembina Utama Muda (IV/c)
  16. Pembina Utama Madya (IV/d)
  17. Pembina Utama (IV/e)

 

 

Setiap pegawai baru yang dilantik atau diputuskan sebagai Pegawai Negeri Sipil/PNS baik di Pemerintah Pusat maupun Daerah akan diberikan Nomor INduk Pegawai (NIP) yang berjumlah 18 digit angka, golongan dan pangkat sesuai dengan tingkat pendidikan yang diakui sebagai mana berikut dibawah ini:

  •  Pegawai baru lulusan SD atau sederajat = I/a
  •  Pegawai baru lulusan SMP atau sederajat = I/c
  •  Pegawai baru lulusan SMA / D1 atau sederajat = II/a
  •  Pegawai baru lulusan D2 atau sederajat = II/b
  •  Pegawai baru lulusan D3 atau sederajat = II/c
  •  Pegawai baru lulusan S1/D4 atau sederajat = III/d
  •  Pegawai baru lulusan S2 sederajad/S1 Kedokteran/S1 Apoteker = III/b
  •  Pegawai baru lulusan S3 atau sederajat = III/c
Periode kenaikan pangkat Pegawai Negeri Sipil ditetapkan tanggal 1 April dan 1 Oktober setiap tahun. Pada periode 01 April 2018 oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Sanggau menyerahkan Petikan Surat Keputusan ( SK ) Kenaikan Pangkat kepeda 442 orang PNS di Lingkungan Pemerintah Kabuaten Sanggau. Ke – 442 PNS tersebut terdiri dari :
1.      Kenaikan Pangkat Otomatis ( KPO ) Less Paper sebanyak 205 orang PNS, terdiri dari :
        a.       Jabatan Fungsional Umum Golongan 1 sebanyak 2 orang PNS;
        b.      Jabatan Fungsional Umum Golongan 2 sebanyak 122 orang PNS; dan
        c.       Jabatan Fungsional Umum Golongan 3 sebanyak 81 orang PNS;
2.      Kenaikan Pangkat Tidak Otomatis ( Non KPO ) sebanyak 237 orang PNS, terdiri dari :
         a.       Jabatan Fungsional Tertentu Golongan 2 sebanyak 20 orang PNS;
         b.      Jabatan Fugnsional Tertentu Golongan 3 sebanyak 150 orang PNS;
         c.       Jabatan Struktural Golongan 3 sebanyak 58 orang PNS; dan
        d.      Jabatan Struktural Golongan IV sebanyak 9 orang PNS.

Penyerahan SK kenaikan pangkat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bapak Herkulanus Heri Purnama, SH kepada 11 orang PNS dilingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Sanggau pada apel pagi yang berlangsung di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Sanggau, Rabu (9/5/18).

Dalam sambutanya ia berharap kenaikan pangkat ini dapat diimbangi dengan tekad dan usaha para PNS untuk terus meningkatkan kualitas dan prestasi kerjanya. “Ini bentuk penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS, agar selanjutnya dapat meningkatkan pengabdian kepada  masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “

“Semakin tinggi kepangkatannya, seharusnya seorang PNS itu semakin profesional, memiliki etos kerja, dan memiliki pemahaman yang luas sehingga mampu melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi,” pesannya

Usai upacara penyerahan Petikan SK kenaikan pangkat tersebut, Plt. Kepala Badan beserta seluruh personil Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kab. Sanggau memberikan ucapan selamat kepada para PNS yang telah naik pangkat satu tingkta lebih tinggi.

Sebagai bentuk rasa syukur telah dapat meraih pangkat yang lebih tinggi, maka dilaksanakan Doa Syukur bersama dan dilanjutkan makan bersama seluruh Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai tanda untuk lebih memupuk jiwa kebersamaan

 

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.