KEGIATAN BENCHMARKING KEPEGAWAIAN PEMERINTAH KABUPATEN SANGGAU

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sanggau memandang pengelolaan kepegawaian adalah salah satu urusan daerah dalam pelayanan pemerintahan sebagai instrumen yang melengkapi seluruh kompleksitas tugas-tugas pemerintah dan pembangunan. Kondisi saat ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi pejabat pengelola kepegawaian belum dilakukan secara optimal sebagaimana mestinya. Untuk memberikan penguatan kompetensi, maka BKPSDM Kabupaten Sanggau mengadakan sebuah kegiatan diklat dengan pola pembelajaran nonclassical,  dengan melakukan Benchmarking to best practice. Kegiatan Diklat tersebut dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur pada tanggal 07 s/d 11 Maret 2018.

Adapun tujuan diadakan diklat benchmarking to best practices yaitu :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengelola kepegawaian di BKPSDM dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD lainnya.
  2. Meningkatkan keterampilan dalam aspek pengelolaan SDM Aparatur khususnya dalam hal penggunaan teknologi informasi kepegawaian yang sedang berkembang sebagai tuntutan dalam peningkatan pelayanan bidang kepegawaian.
  3. Mengadopsi nilai-nilai positif pengelolaan kepegawaian kepegawaian pada daerah tujuan serta mengimplementasi sekaligus mengembangkannya menjadi best practices.

Dalam pelaksanaan Kegiatan diawali dengan pembukaan di aula BKD Sidoarjo dalam pertemuan resmi yang diterima langsung oleh kepala BKD berserta jajaran Pegawai BKD Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Seluruh peserta Benchmarking berjumlah 65 orang beserta ketua rombongan, serta langsung menerima paparan oleh narasumber yang disampaikan oleh kepala BKD Sidoarjo beserta para kabid. Setelah pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dielaborasi dengan kunjungan ke masing-masing bidang sesuai kelompok kajian. Dalam kegiatan pembinaan kepegawaian melalui Kegiatan Benchmarking Kepegawaian dan Diklat ini diharapkan mendapat suatu kerjasama yang bersifat MOU dalam pembinaan dan kompetensi kepegawaian. Substansi materi hasil diskusi selanjutnya diseminarkan dengan menghadirkan seluruh peserta untuk selanjutnya disusun dalam laporan induk kegiatan “Benchmarking” untuk melakukan perubahan pembinaan kepegawaian dilingkungan pemerintah kabupaten Sanggau.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.