Hari Kedua Materi Bela Negara bagi CPNS Golongan III Angkatan I

Sanggau (09/04/2019) – Hari kedua materi Bela Negara bagi CPNS Gol. III Angk. I diisi dengan TUM (Tata Upacara Militer). Digelar di komplek GOR Sanggau Permai pada pukul 07.30 WIB. Dihadiri oleh para CPNS, pelatih dari BKPSDM Kab. Sanggau dan 3 (tiga) instruktur dari KODIM 1204 Sanggau.

Kegiatan dimulai dengan pemanasan lari keliling GOR sebanyak 1(satu) putaran. Nampak peserta sangat antusias, meskipun ada beberapa yg tidak berlari karena kondisi fisik yang tidak mengijinkan. Kemudian dilanjutkan dengan latihan dasar PBB (Peraturan Baris Berbaris).

TUM (Tata Upacara Militer) adalah tata upacara dalam dinas militer resmi. Tetapi karena untuk sipil sehingga materi banyak disesuaikan. Dan tidak sebanyak yang seharusnya sehingga latihan ini bisa dipadatkan menjadi 1(satu) hari.

Menurut para instruktur sebenarnya latihan dasar-dasar PBB saja tidak cukup hanya 3(satu) hari. Tetapi mengingat waktu yang disediakan maka jadwal latihan harus bisa dicukupkan. Mereka berharap para CPNS yang kesemuanya adalah calon guru sekolah dapat menangkap materi ini secara umum dan dapat menularkannya kembali kepada para siswa-siswinya nanti.

Penulis: Tatag. S, S.T

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.